Apa saja Penyebab Terjadinya kanker ?

Apa saja Penyebab Terjadinya kanker ?

Selamat datang dan berkunjung di blog kesehatan kami. Dalam kesempatan kali ini kami akan menginformasi mengenai penyebab terjadinya kanker. Simak baik-baik penjelasannya di bawah ini.

Apa saja Penyebab Terjadinya kanker ? -Kanker merupakan kelas penyakit yang ditandai dengan pertumbuhan sel yang tidak terkontrol . Ada lebih dari 100 jenis kanker, dan masing-masing diklasifikasikan menurut jenis sel yang awalnya terpengaruh.

Kanker merusak tubuh ketika sel-sel yang berubah membelah tak terkendali untuk membentuk benjolan atau massa jaringan yang disebut tumor (kecuali pada kasus leukemia dimana kanker melarang fungsi darah normal oleh pembelahan sel abnormal dalam aliran darah). Tumor dapat tumbuh dan mengganggu sistem pencernaan, saraf, dan peredaran darah, dan mereka dapat melepaskan hormon yang mengubah fungsi tubuh. Tumor yang tinggal di satu tempat dan menunjukkan pertumbuhan yang terbatas umumnya dianggap jinak.

Apa saja Penyebab Terjadinya kanker ?

Banyak kanker tampaknya berkembang tanpa alasan yang jelas. Namun, beberapa faktor risiko diketahui meningkatkan kemungkinan satu atau lebih sel Anda akan menjadi abnormal dan menyebabkan kanker. Faktor risiko meliputi:

Karsinogen kimia

Karsinogen adalah sesuatu (kimiawi, radiasi, dll) yang dapat merusak sel dan membuatnya lebih cenderung berubah menjadi sel kanker. Sebagai aturan umum, semakin terpapar karsinogen, semakin besar risikonya. Contoh yang terkenal meliputi:
  • Tembakau -Jika anda merokok, Anda lebih mungkin terkena kanker  paru-paru, tenggorokan, kerongkongan, kandung kemih, dan pankreas. Merokok di anggap menyebabkan sekitar 1 dari 4 dari semua jenis kanker. Semakin berat Anda merokok, semakin besar resikonya. dan jika anda berhenti merokok maka semakin berkurang resikonya.
  • Bahan kimia tempat kerja -seperti abses , Jika anda pernah bekerja di tempat tersebut, kemungkinan anda beresiko terkena tertentu.

Faktor gaya hidup

Mengkonsumsi terlalau banyak makan berlemak mungkin meningkatkan faktor resiko terkena kanker tertentu.

Resiko pengembangan kanker tertentu meningkat karena, kurang berolahraga teratur, obesitas, terlalu banyak meminum minuman alkohol  dan makan banyak daging merah.

Radiasi

Radiasi adalah karsinogen. Misalnya, paparan bahan radioaktif dan dampak nuklir dapat meningkatkan resiko kanker seperti leukemia dan kanker lainnya. Dan terlalu banyak paparan sinar matahari dan sengatan matahari (radiasi UVA dan UVB ), Dapat meningkatkan resiko terkena kanker kulit. Semakin besar dosis radiasi makan semakin besar resiko terkena kanker.

Infeksi

Beberapa kuman (baktri dan virus ) Mungkin terkait dengan kanker tertentu. misalnya, orang dengan Infeksi persisten dengan virus hepetitis B atau hepatitis C, memiliki peningkatan resiko pengembangan kanker hati. 

Contoh lainnya adalah hubungan antara human papillomavirus (HPV) dan kanker serviks. Sebagian besar wanita yang mengembangkan kenker serviks telah terinfeksi dengan strain (subtipe) HPV di beberapa titik di kehidupan mereka.

Satu studi penelitian memperkirakan bahwa sekitar satu dari enam kanker, dua juta per tahun secara global, disebabkan oleh infeksi yang dapat diobati atau dapat dicegah. Mereka memperkirakan bahwa empat infeksi - virus HPV, H. pylori , dan hepatitis B dan C - menyumbang 1,9 juta kasus kanker serviks, lambung dan hati pada tahun 2008. Sebagian besar berada di negara berkembang. Inisiatif seperti imunisasi terhadap HPV dan hepatitis B membantu memerangi infeksi ini.

Genetika

Beberapa jenis kanker memiliki kaitan genetik yang kuat. Tetapi kebanyakan orang berpikir bahwa genetika adalah faktor risiko utama penyebab kanker, sejarah keluarga dan DNA hanyalah salah satu faktor. Penelitian baru menunjukkan bahwa gaya hidup dan diet mungkin memainkan peranan dalam perubahan gen kanker. Jadi, faktor ini masih dapat dikelola.

Itulah beberapa penyebab terjadinya kanker yang harus kita waspadai. Demikian penjelasan dari kami mengenai Apa saja Penyebab terjadinya kanker?. Terimakasih, semoga artikel ini sangat bermanfaat.

Posted by : 
Solusi Pengobatan kanker alami

Apa saja Penyebab Terjadinya kanker ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berbagai Faktor Resiko Yang Memicu Kanker Payudara

Berbagai Faktor Resiko Yang Memicu Kanker Payudara Selamat datang kembali di blog kesehatan kami yang akan selalu menginformasikan untuk ...